Arsip

Archive for the ‘Kesehatan’ Category

Makan Buah dan Sayuran

Free Image Hosting

sepele memang
tapi termasuk hal yang penting

dikatakan sepele, ,mungkin karena kita sdh tau dr dulu, dan efeknya kalo kita ngga lakukan ngga terlalu besar untuk jangka pendek.

termasuk yg satu ini.
makan buah dan sayuran…

waktu seminar nasional industri pertanian 2007, kebetulan sy ketua panitia (dies natalis himatek itb)

Pak siswono yudhohusodo bilang
bangsa kita tu bangsa yang tidak seimbang makanannya
kita rata2 terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, sementara serat jarang banget. ada persentasenya (kalo mau hubungi sy untuk dpt slidenya).
hal ini wajar karena kebiasaan bangsa kita dr dulu, makannya nasi, sama ayam jarang pake sayur, atau kalo pake sayur paling sedikit. makan buah apalagi, khususnya bg mahasiswa, alsannya mahal..

nah, biar kita nantinya ngga sembelit, ambeien, darah tinggi, kolesterol
bagi yang muda khususnya harus menjaga makanannya..
ini penting (kata aa gym), makan yang seimbang.
kalo diingetin masalah ginian rasanya, udah sering, dari SD kita udah hafal 4 sehat 5 sempurna, tapi sayangnya ngga dibudayakan.
beda sama negara maju, jerman contohnya. di kereta orang udah biasa duduk sambil makan wortel mentah, salad dll. kalo ditanya knapa anda makan gituan?jawabnya
ini sehat dan praktis.
rasanya mereka memang udah dibiasakan dari kecil, makan salad, sayur2an. sehingga ketika dewasa udah jd kebiasaan. nah, giliran kita nih, membangun peradaban menuju negara top 5 di 2030 (visi indonesia)
tentunya ngga sekedar makan buah dan sayur, tp setidaknya jangan melupakan hal2 sepele yang kita udah tau manfaat dan ilmunya, namun tidak dilakukan.
bagi sy dn temen2 mahasiswa, sekali2 ganti makanan nasi dgn buah atau sayur (kalo lg pas-pasan)

-anggit-

Kategori:Kesehatan
%d blogger menyukai ini: